google-site-verification: google8ec57a9dfd80d368.html Pemerintah Akan Denda Facebook Jika Biarkan Beredarnya Hoax - KHABAR POPULER

Pemerintah Akan Denda Facebook Jika Biarkan Beredarnya Hoax


KHABARPOPULER.COM | Pemerintah Indonesia akan  denda Fecebokk atau media sosial lainnya yang membiarkan beredar hoax dan hate speech di platformnya. Dedda ini akan dilakukan jika aturan pengendalian konten negatif telah diterbitkan.

Adapun  jumlah dendanya kepada media sosial yang melanggar, pemerintah masih menentukan membicarakannya.

Kendati masih mencari besaran denda kepada medsos yang terbukti membiarkan peredaran hoax dan hate speech, dendanya kemungkinan sama persis dengan yang terjadi di Jerman.

Untuk diketahui, denda kepada medsos tersebut merupakan bahasan Peraturan Menteri (Permen) Kominfo yang saat ini tengah dirancang oleh pemerintah. Adanya aturan ini untuk mengendalikan maraknya peredaran hoax dan hate speech yang sudah dalam batas mengkhawatirkan bila memasuki masa Pilkada dan Pilpres 2019 nanti.

Malaysia dan Jerman adalah dua negara yang sudah menerapkan peraturan denda media sosial yang membiarkan beredar berita negatif. Sebelumnya, pada April 2018, Kominfo mengirimkan tim khusus  ke dua negara tersebut untuk mengkaji dan memastikan eksistensi penerapan aturan mengenai isu berita palsu, hoax dan ujaran kebencian, khususnya media sosial.

Pengiriman tim khusus tersebut lantaran maraknya peredaran konten hoax dan hate speech di medsos, terutama saat gelaran Pilkada dan menjelang Pilpres 2019. Mengenai kondisi tersebut, Kominfo melakukan langkah-langkah pencegahan sesegera mungkin, memastikan bahwa semua teknologi digunakan untuk keperluan yang baik, bukan untuk kejahatan.

Tim Kominfo secara khusus ditugaskan Menteri Kominfo Rudi Antara untuk memastikan strategi legislasi/regulasi kedua negara yang memungkinkan pemerintah mengatur isu berita bohong, hoaks dan ujaran kebencian yang menyebar melalui platform media sosial, serta perlindungan data pribadi. (ds)
Share on Google Plus

About Rasie Official

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.