google-site-verification: google8ec57a9dfd80d368.html Pangkalan Brandan Dibakar Pada Bulan Agustus, Pengorbanan Besar Masyarakat Medan Untuk Kemerdekaan - KHABAR POPULER

Pangkalan Brandan Dibakar Pada Bulan Agustus, Pengorbanan Besar Masyarakat Medan Untuk Kemerdekaan


KHABARPOPULER.COM | Pangkalan Brandan merupakan ibukota Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Daerah ini terletak di pesisir pantai timur pulau Sumatera, kira-kira 60 km di utara Kota Binjai.

Pangkalan Brandan adalah area yang sangat strategis karena dilalui oleh Jalan raya lintas Sumatera dan merupakan pintu gerbang provinsi Sumatera Utara.

Pangkalan Brandan sendiri sebenarnya adalah lokasi dimana tambang minyak milik Indonesia berada.

Peristiwa bersejarah ini adalah saat dimana para pahlawan Indonesia terdahulu membumihanguskan Pangkalan Brandan dengan tujuan sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah supaya kepemilikan Pangkalan Brandan tidak menjadi milik pihak Belanda.

Prosesi pembumihangusan Pangkalan Brandan diawali dengan peledakan tanki besar yang berada di kawasan tambang, fondasi penyulingan serta gedung – gedung perusahaan tambang minyak.

Maka, saat itu pada tanggal 13 Agustus 1947 jadilah Brandan Lautan Api.

Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa harga diri bangsa harus dijaga dan dijunjung tinggi, karena itu juga merupakan harga diri individu pribumi bangsa sendiri.

Wah, sangat besar sekali bukan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan kita dalam upaya melawan aktivitas penjajahan pada zaman itu?!
Share on Google Plus

About Rasie Official

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.