google-site-verification: google8ec57a9dfd80d368.html Konsep Sebuah Hubungan Akan Bertahan Subur Terus Menerus - KHABAR POPULER

Konsep Sebuah Hubungan Akan Bertahan Subur Terus Menerus


Sebuah relasi atau hubungan baik bisnis, rumah tangga, maupun hubungan lainnya biasanya terjalin karena ada rasa saling percaya. Namun akan selalu ada ujian berupa salah paham, tidak jujur, khianat dan sebainya.

Semua itu terjadi dari hilangnya rasa saling percaya tersebut. Lantas bagimana supaya rasa tersebut bisa langgeng?

Sebelum mencapai sebuah rasa yang sama, terlebih dahulu kita mempercayai bahwa manusia berubah-rubah dari suatu keadaan dan ke keadaan berikutnya, dari suatu sifat ke sifat lainnya, dari amanah menjadi khianat, dari jujur menjadi dusta. Begitu juga sebaliknya. Dan ini lumrh dan fitrah manusia yang bahru.

Nah, bagaimana juga kita bisa saling percaya?
Diantara cara membangun rasa tersebut adalah menyepakati tidak saling percaya, alasan ini nampaknya sangat ekstrem, namum ternyata benar dan tepat.

Sesuai dengan kutipan awal, bahwa manusia bahru maka sudah sesuai. Oleh karena itu, ketika tidak percaya harus ada rumusan dalam sebuah relasa/hubungan yang ingin dibina dan dibangun bersama supaya kedua pihak tunduk kepada rumusan tersebut. Jadi, jika sama-sama percaya kepada kesapakatan maka pengkhianatan akan terhindar.

Contoh, dalam sebuah management perusahaan yang dibina dengan perkongsian saham atau jasa, ditetapkan beberapa kesepakatan.

Diantaranya, siapa yang harus menjadi direktur, lama masa perkongsian berlaku, jumlah persentase bagi hasil, tidak boleh ambil ambilan selama dalam proses bisnis berjalan dan sebagainya.

Begitu juga mencatat semua barang input dan keluar secara detail dengan bukti sah secara terperinci, tidak dibuktikan dengan penjelasan semata. Jika semuanya diatur dengan baik maka sebuah relasi akan berjalan lancar terhindar dari penghianatan atau saling sangka yang berakibat pada perpecahan.

Semoga Bermamfaat.
Dikutip dari Nasehat Gure
An Nisami
B. Karieng, 9 Syawal 1439 H

Share on Google Plus

About Martunis Nisam

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.