Promo
Tahunan
×
Home » » Kota Zabid Yaman yang Pusat Ilmu dan Ulama

Kota Zabid Yaman yang Pusat Ilmu dan Ulama

Written By Martunis Nisam on Monday, 19 December 2016 | 10:13:00


Zabid salah satu kota di Yaman yg terkena  inbas konflik, sandang pangan mulai krisis, listrik padam, semoga saja semua itu cepat berlalu mengingat kota itu adalah sebagai kota ilmu dan kota ulama.

Sekilas Geografis Zabid

Zabid adalah salah satu kota tua yang terletak di Yaman utara. Sekarang kota Zabid termasuk dalam kawasan propinsi Hudaidah.

Letak geografisnya berada di tengah-tengah lembah Zabid, yang berjarak 40 kilometer dari laut merah. Dahulu kota Zabid dikenal juga dengan nama "Hushoib".

Zabid merupakan salah satu kota pusat keilmuan di Yaman, di mana sejarah mencatat banyak ulama-ulama dari berbagai penjuru belahan dunia yang datang untuk menuntut ilmu atau sekedar mencari sanad hadis di kota ini.

Bahkan tak jarang dari mereka yang akhirnya enggan kembali ke daerah asalnya dan memilih untuk tinggal di kota Zabid sampai akhir hayatnya.Kota ini sudah dikenal sejak masa hidupnya NabiMuhammad SAW, tepatnya pada tahun ke-8 Hijriyah.

Di mana saat itu datanglah rombongan suku Asy`ariah (di antaranya adalah Abu Musa Al Asy`ari) yang berasal dari Zabid ke Madinah Al Munawwaroh untuk memeluk agama Islam dan mempelajari ajaran-ajarannya.

Karena begitu senangnya atas kedatangan mereka, NabiMuhammad SAW. berdoa memohon semoga Allah SWT. memberkahi kota Zabid dan Nabi mengulangi doanya sampai tiga kali (HR. Al Baihaqi).

Dan berkat barokah doa Nabi, hingga saat ini, nuansa tradisi keilmuan di Zabid masih bisa dirasakan. Hal ini karena generasi ulama di kota ini sangat gigih menjaga tradisi khazanah keilmuan Islam.

Di Zabid terdapat masjid Asya`ir yang dibangun sejak tahun ke-8 Hijriyah, masjid yang dibangun oleh Abu Musa Al Asy`ari ini merupakan salah satu dari ketiga masjid yang dibangun oleh sahabat Nabi di Negeri Saba' (Yaman).

Jika konflik di yaman terus berlanjut dan di menangkan oleh sunni salafi(wahabi takfiry) kemunkinan besar mesjid bersejarah tersebut akan dimusnahkan karena sesuai dengan rencana terselubung mereka yang ingin memusnahkan semua stsar qadimah(peninggalan Rasulullah).

Kita doakan saja semoga konflik di yaman cepat selesai dan diberi kemenangan kepada ahli haq. Amin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site