Promo
Tahunan
×
Home » , » UNIKNYA SANTRI DAN KREATIF

UNIKNYA SANTRI DAN KREATIF

Written By El_Mouslim _ on Saturday, 2 April 2016 | 10:50:00

Oleh || Muslem Aceh

Kita sering mendengar kata “Pesantren”, yang menurut para ahli adalah sebuah tempat perkumpulan para santri, atau secara segi bahasa pesantren sendiri merupakan kata serapan dari santri itu sendiri dengan menambahkan tambahan pe- di awalnya dan –an diakhirnya, yang bisa simpulkan asal katanya ialah pesantrian, sehingga bertransformatif menjadi pesantren. Ilmu yang diberikan oleh sebuah pesantren bukan tentang ilmu agama saja tapi ilmu sosial terhadap sesama juga tak luput diajarkan. Tak salah jika seorang santri lebih akrab dengan masyarat. Dalam menjalani kehidupan di pesantren seorang santri tidak akan pernah merasakan hal-hal yang begini  kecuali dia pernah menjadi seorang santri.

Kesetiakawanan tingkat tinggi

Salah satu yang patut di acungi jempol adalah kesetiakawanan mereka. Mereka sudah dilatih mulai sejak dini dengan sikap saling bantu membantu. Dari sini sifat mereka terbiasa dengan saling menolong sehingga  terciptanya sifat kesetiaan antar sesama. Contohnya wali salah seorang santri meninggal, santri yang lain juga merasakan kesedihan sehingga cara mengungkapkan kesedihan mereka yaitu bertakziah kerumah duka. 

Mandi dalam 1 kolam bersamaan
Sudah jadi lumrah disetiap pondok pesantren manapun, baikkah di Aceh maupun diluar Aceh, Mandi ditempat kolam yang besar (Kulah ; bhs aceh) sudah menjadi hal biasa, Jadi mereka terbiasa mandi bersama-sama tanpa malu. Mandi bersama kadang sebahagian santri menjadi kesenangan tersendiri sama halnya seperti berenang kelaut bersama satu keluarga. 

Sandal hilang entah kemana
Munkin hal ini sedikit benarnya dengan identik dayah sebagai bengkel ummat. Dayah adalah tempat memperbaiki akhlak ummat yang masih rawan kejahatan, wajar jika sandal hilang disaat keluar mesjid karena Sudah dianggap seperti sandal milik umat yang dipakai bersama-sama. Meskipun itu perbuatan ghasab tapi sepemilik sandal memaklumi dan memberi maaf. Itulah enaknya jadi santri, bisa memaklumi. Coba jika jadi suami pastinya Sabaaarrrr...... 

Melantunkan syair dengan beragam lagu
Ini menjadi ciri khas pesantren salaf. Syair biasanya di dendangkan menjelang adzan berupa syair berbahasa arab tapi buat santri tiap pagi terdengar beraneka tembang syair yang di lagukan pakai lagu pop, dangdud bahkan house musik aja bisa disesuaikan dengan Bait Al-fiyah, Matan Jauharah dan lain-lain. Hal semacam ini menjadi kreatifitas dari santri tersebut. 
Ayoo... Kedayah... Anak Dayah Serba Bisa





Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site