Promo
Tahunan
×
Home » , » 3 Perkara yang Harus Disegerakan Dalam Islam

3 Perkara yang Harus Disegerakan Dalam Islam

Written By Martunis Nisam on Saturday, 23 April 2016 | 11:51:00

 
Oleh | Umdah.co
Sahabat muslim semua, kali ini kami akan memberikan anda sebuah info yang bisa bermanfaat untuk kita semua, yaitu tentang 3 perkara yang mesti disegerakan oleh setiap muslim jika sudah berhadapan dengannya.

3 perkara ini tidak boleh ditunda tunda oleh mereka muslim untuk disegerakan, karena Rasulullah SAW mewasiatkan akan tiga perkara yang mesti disegerakan setiap muslim. Tidak boleh bagi mereka untuk menunda-nundanya.

3 Perkara yang Harus Disegerakan Dalam Islam

Sebagaimana dalam sebuah hadits berikut ini, RasulullahSAW bersabda:

“Wahai Ali, ada tiga hal yang tidak boleh dirimu tunda, yaitu shalat jika sudah tiba waktu untuk melaksanakannya, jenazah apabila sudah hadir, dan wanita jika sudah ada calon suami yang sekufu dengannya.”

1. Shalat tepat waktu

Nabi Muhammad SAW mengajarkan setiap ummatnya untuk senantiasa bisa shalat tepat pada waktunya, karena jika seorang muslim waktu shalatnya sudah tepat, maka pekerjaan yang lain akan terlaksana dengan baik dan teratur, jika shalatnya masih berantakan maka semua aktivitas dirinya akan terganggu.


Sesibuk apapun pekerjaan kita, jika waktu shalat telah tiba, hendaknya kita memenuhi dahulu panggilan untuk beribadah kepada-Nya.

2. Memakamkan jenazah

Jenazah perlu diurus dan dimakankan dengan segera. Jangan ditunda, lebih baik segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. Dalam salah satu hadits disebutkan mengapa harus mempercepat pemakaman jenazah; jika ia orang yang taat berarti kita mempercepat ia bertemu nikmat-Nya, sedangkan jika ia pendosa berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya.

Mempercepat pengurusan jenazah adalah hal yang mesti muslim laksanakan, karena hal ini punya konsekuensi nya tersendiri, alasan yang sangat logis untuk mempercepat pengurusan jenazah adalah karena jika kita mempercepat pengurusan jenazah maka jika dia orang yang baik maka akan mempermudah ia untuk mendapatkan kenikmatannya, dan jika dia tergolong kepada pendosa maka ia akan segera terbebas dari fitnahnya. hal ini berdasarkan sebuah hadis dari Rasulullah SAW.

3. Menikahkan wanita yang telah datang jodohnya

Rasulullah menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamarnya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Senada dengan hadits lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria saleh yang datang melamar hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.

Jadi, buat sahabat dunia islam yang punya anak perempuan, jika sudah datang jodohnya maka jangan menunda-nunda untuk segera dinikahkan.

Wallahu’alam.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site