Promo
Tahunan
×
Home » , » Manusia Makhluk Ideal

Manusia Makhluk Ideal

Written By El_Mouslim _ on Monday, 14 March 2016 | 10:21:00



Oleh |  Muslem Sulaiman_ 

 Manusia adalah makhluk Tuhan yang diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk, seluruh anggota tubuhnya sebagai satu kesatuan jasad dari kepala hingga ujung kaki, dengan fungsi-fungsinya yang saling bersinergi. Tapi, satu-satunya alasan terpenting dari kesempurnaan diciptakannya manusia adalah, karena manusia memiliki akal. Akal yang dimiliki oleh setiap manusia dapat membedakan mana yang harus dikerjakan dan ditinggalkan serta dengan akal tersebut setiap manusia bisa mengontrol diri dalam setiap lini aspek kehidupan, sehingga dengan akal tersebut juga setiap manusia tidak akan melakukan hal-hal yang dianggap tidak baik.
.
Fungsi akal manusia adalah berfikir, untuk menimbang menilai serta menganalisa. Dan yang sesuai dengan pertimbangan akal atau yang dipahami dengan akal bisa disebut rasional, sebaliknya yang tidak masuk akal disebut irasional.
Peran yang tidak bisa dipandang oleh kasat mata adalah termasuk Akal. Agama sangat berhubungan erat dengan akal, bagaikan, bagaikan anak dengan ibunya yang tidak bisa dipisahkan. 

Akal, jika dia benar-benar hidup dan berfungsi, bukanlah untuk mempercayai. Tapi adalah untuk mempertanyakan segala sesuatu. Yang mempercayai adalah pekerjaan hati, pekerjaan perasaan. Itu sebabnya perasaan tidak bisa dibiarkan melajur sendiri. Karena perasaan seperti kuda liar tanpa kompas. Tapi akal, bagaikan mahkota kejayaan manusia. Melebihi prestasi segala mahkluk. Karena akallah adanya kebudayaan. Tumbuh-tumbuhan dan hewan tidak pernah memliki kebudayaan. Belum pernah sejarah mencatat ada satu Universitas pun didirikan oleh spesies hewan yang paling cerdas sekali pun.

Akal, adalah mata air kecemerlangan. Gudang inspirasi sepanjang zaman. Karena akal, manusia merubah wajah kehidupan. Karena akal manusia sampai ke bulan. Karena akal manusia mengerti apa artinya kebaikan. Karena akal manusia mengerti apa artinya persaudaraan antar sesama manusia dan lingkungan hidupnya.
Tapi ketika manusia sudah keracunan akan kepercyaan pada Tuhan, maka akal menjadi tidur dan mati. Hingga konflik dan pertengkaran atas nama Tuhan menjadi halal. Hingga darah dan nyawa manusia menjadi kehilangan arti. Demi Tuhan yang tak pernah jelas dan real dalam kenyataan

http://www.khabarpopuler.com/2016/03/Manusia-Makhluk-Ideal.html
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site