Promo
Tahunan
×
Home » » Menelisik Hikmah Dibalik Gerhana

Menelisik Hikmah Dibalik Gerhana

Written By Martunis Nisam on Tuesday, 8 March 2016 | 05:53:00


Rabu pagi, 9/3, masyarakat di beberapa provinsi di Indonesia akan melihat langsung fenomena langka, Gerhana Matahari Total (GMT). Tidak ingin melewatkan fenomena tersebut, sejumlah orang antusia menunggu dan mendatangi tempat-tempat strategis untuk melihatnya secara jelas.

Namun tau kah anda, bahwa dibalik fenomena gerhana, ada hikmah yang bisa dijadikan pelajaran penting untuk memperkuat ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah swt? Berikut dua hikmah dibalik fenomena gerhana.

Pertama, gerhana matahari dan bulan merupakan salah satu tanda kebesaran dan keagungan Allah swt. Dimana sebagai makhluknya, matahari dan bulan tidak dapat mengelak dari kudrah dan iradah-Nya. Hal ini tentu menyiratkan pesan bagi umat manusia, bahwa sehebat apapun seorang manusia tidak ada bandingannya dengan kehebatan dan keagungan Allah swt. Toh matahari dan bulan saja yang jauh lebih besar (fisiknya) dari manusia harus tunduk pada ketentuan-Nya.

Kedua, terjadinya gerhana bulan atau matahari adalah pesan tegas bahwa bulan dan matahari hanyalah makhluk Allah yang lemah dan tidak berdaya. Ia bukan tuhan. Dimana tatkala Allah swt menghendaki redupnya cahaya pada keduanya, kedua tidak mampu mengelak dan berbuat apa-apa. Ini adalah pukulan telak bagi para penyembah matahari atau bulan. Dimana mereka menganggap matahari atau bulan sebagai tuhan. Lantas matahari dan bulan ternyata tidak mampu menolak kekurangan pada dirinya sendiri. Lantas bagaimana keduanya bisa dituhankan oleh yang lain.

Coretan Santri
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site