google-site-verification: google8ec57a9dfd80d368.html Hadralmaut dan Adat Khatam Al-Qur'an dalam Seminggu - KHABAR POPULER

Hadralmaut dan Adat Khatam Al-Qur'an dalam Seminggu


Salah satu tradisi yang sampai sekarang diamalkan di Hadhramaut adalah pembacaan sepertujuh AlQur’an setiap malamnya. Mereka memulainya dari malam jum’at dan mengkhatamkannya sehabis shalat subuh di hari kamis.  Sebagian dari sepertujuh Qur’an itu mereka baca di antara maghrib dan isya’, sisanya mereka selesaikan di akhir malam.  Setiap malam jumat, mereka membaca awal Qur’an sampai surat Ali Imran.

Malam sabtu mereka membaca dari surat Al-Maidah sampai Al A’raf, malam minggu dari surat Yunus sampai surat Ar Ra’d, malam senin dari surat Al Isra sampai surat Al Anbiya, malam selasa dari surat Thô` Sîn Mîm sampai surat Ar-Rum, malam rabu dari surat Ash-Shôffât sampai surat Asy-Syura, malam kamis dari surat At-Thur sampai surat Al Mulk serta dilanjutkan di akhir malam, dimana setelah shalat shubuh di hari Kamis, pembacaan AlQur’an pun dikhatamkan.

Menurut keterangan yang sampai kepada kami, bahwa yang menyusun hizb Qur’an di Hadhramaut adalah Syeikh Salim Ba Fadhl At-Tarimi.  Seorang wali terkenal yang merupakan salah seorang guru Sayidinal Faqîh Al-Muqoddam Muhammad bin Ali.  Semoga Allah memberi kita semua manfaat berkat mereka.

Jika hendak mempekerjakan seorang muadzin atau imam, mereka mengajukan syarat bahwa ia harus mengkhatamkan Qur’an setiap minggunya dengan cara yang telah kusebutkan tadi.  Pada umumnya ia tidak membacanya seorang diri, tapi secara berkelompok dan bergiliran di awal dan akhir malam.

Oleh: Ahmad Fnd Basyafii/G.WA/Pesantren Hatiku

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.