Promo
Tahunan
×
Home » , » Diperkirakan 500 Ribu Orang Bakal Serbu Martapura 10 April Nanti

Diperkirakan 500 Ribu Orang Bakal Serbu Martapura 10 April Nanti

Written By Redaksi on Tuesday, 22 March 2016 | 23:02:00

KHABARPOPULER.COM - Haul ke 11 KH Muhamad Zaini Abdul Ghani, yang dilaksanakan 10 April 2016 nanti, dipastikan kembali menyedot perhatian muslimin dan muslimat, tidak hanya dari Kalsel tapi juga di luar Kalsel dan luar negeri.
Tahun ini, diperkirakan 500 ribu orang bakal datang mengikuti peringatan wafatnya ulama kharismatik yang biasa disapa Guru Sekumpul itu.
Serbuan umat Islam yang hadir dihaulan itu tentunya memerlukan pengaturan lalulintas dan parkir yang mantap. Kemarin, Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishubkominfo) melakukan rapat koordinasi dengan pihak TNI, Polri, Buser GP Ansor NU dan penanggung jawab posko.
“Kami perkirakan 500 ribu orang yang datang ke Sekumpul. Kami juga memperkirakan ada 75 ribu kendaraan roda empat dan roda dua. Dengan asumsi tersebut maka diperlukan ruang parkir yang luasnya mencapai 108 hektare," kata Kepala Dishubkominfo Banjar, H Aidil Basith.
Untuk mencegah kemacetan, kata Basith, perlu pengaturan arus lalulintas yang baik. “Kami sudah buat jalur arus lalulintas. Dalam rapat, cukup banyak masukan-masukan untuk pembenahan jalur ini. Rencana, kami akan survei ke lapangan untuk memantapkan jalur-jalur tersebut, setelah itu baru kami ekspos," ujarnya.
Basith mengatakan, tahun ini pihaknya, panitia haul, aparat kepolisian dan tentara akan lebih tegas soal jalur dan parkir ini. Misalkan warga Hulu Sungai, mereka bisa melalui Tambak Baru dan parkir di daerah Indrasari. Atau, jika mereka terlanjut melalui A Yani parkirnya harus di PPS.
"Tidak boleh parkir di Kompas, karena pasti akan sulit keluar dan akan ikut terbawa jalur dari Banjarmasin. Makanya, kami tegas untuk parkir. Peruntukkannya disesuaikan dengan asal jemaah," ujarnya.
Pada saat pelaksanaan haul, kata Basith, panitia menyiapkan 73 posko haul dan 13 titik posko kesehatan yang disiapkan oleh PMI. "Untuk titik posko sudah ada. Mereka akan membantu mengarahkan jemaah yang datang dan membantu untuk parkir. Dan untuk parkir, semua gratis," ungkap Basith.
Bupati Banjar, KH Khalilurahman, meminta jajarannya untuk membantu kelancaran jalannya Haul ke 11 Guru Sekumpul.
"Kita bantu agar pelaksanaan haul berjalan tertib dan lancar. Event ini juga merupakan sarana kita untuk mengenalkan Kabupaten Banjar," ujar Guru Khalil. (wid/tribun)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site