Tukang Las Ini Buat Tangan Robot untuk Dirinya



I Wayan Sumardana alias Tawan seorang tukang las bertangan robot di bengkelnya di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali, 17 Januari 2016.

Tawan menderita lumpuh tangan kirinya sejak 6 bulan lalu, karena kepintarannya Tawan membuat sendiri tangan robotnya dari barang bekas untuk membantunya bekerja sehari-hari.
Bagian mesin dari tangan robot milik Tawan yang membantunya mengelas di bengkel sederhana miliknya. Tawan merancang sendiri tangan robotnya dari barang bekas, seperti komputer, dinamo dan bagian-bagian dari sepeda motor.

Bagian siku dari tangan kiri Tawan digerakkan oleh gear yang saling terhubung untuk membantunya bergerak saat bekerja. Berbekal kemampuannya dibidang elektronik, Tawan menyelesaikan tangan robotnya dalam waktu dua bulan, namun ia mengaku masih ingin menyempurnakan ciptaanya agar lebih mudah menggerakan jari tangan kirinya.

TEMPO

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment