Promo
Tahunan
×
Home » , » RSHS: Dokter Tidak Boleh Jadi Calo Donor Ginjal

RSHS: Dokter Tidak Boleh Jadi Calo Donor Ginjal

Written By Redaksi on Thursday, 28 January 2016 | 08:58:00

RSHS: Dokter Tidak Boleh Jadi Calo Donor Ginjal
KHABARPOPULER.COM | Bandung - Bareskrim Mabes Polri tengah mendalami keterlibatan dokter dan rumah sakit dalam kasus jual beli ginjal. Secara aturan, hal itu melanggar. Menurut Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSHS Bandung Rubin Surachno Gondodiputro, dokter maupun rumah sakit dilarang keras menjadi calo donor ginjal.

"Dokter enggak boleh jadi calo donor ginjal. Kalau terbukti bisa kena sanksi dan denda," kata Rubin saat diskusi di RSHS Bandung, Jalan Djunjunan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/1/2016).

Dia menegaskan, rumah sakit dan dokter dilarang mencarikan pedonor untuk pasien yang berniat cangkok ginjal. Soal pedonor, RSHS selama ini menyerahkan sepenuhnya kepada pasien.

"Urusan pedonor itu harus dicari oleh pasiennya sendiri," ujar Rubin.

Lebih lanjut dia menuturkan, selama ini RSHS Bandung mengutamakan pedonor yang historinya punya hubungan keluarga dengan calon pasien transplantasi ginjal. Kalau ternyata pedonor itu bukan keluarga inti pasien, RSHS secara tegas menolak.

"Aturan tersebut untuk menghindari organ trafficking," ujar Rubin.

Keluarga inti dimaksud Rubin ialah keluarga kandung pasien. Artinya pedonor ginjal merupakan ayah, ibu, kakak dan adik pasien. "Bisa juga pedonor itu paman, bibi dan saudara kandung pasien," ucapnya.

Pasien gagal ginjal memiliki tiga opsi penanganan medis yaitu dengan cara cuci darah, cuci darah melalui perut dan cangkok ginjal. "Pilihan terbaik ialah cangkok ginjal," kata Rubin.

Dia menambahkan, tercatat sebanyak 120 pasien gagal ginjal yang saat ditangani RSHS Bandung. Selama ini RSHS sukses melakukan transplantasi ginjal kepada empat pasien. Catatan Rubin, pada 1997-1998 menangani tiga pasien, serta pada November 2014 ada satu pasien. "Kalau 2014 itu pasiennya seorang dokter muda yang mendapatkan donor ginjal dari kakak kandungnya," ucap Rubin

DETIK
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

11 September 2017 at 13:42

Hari baik setiap orang,
Jual ginjal. Selamatkan hidup dan dapatkan uang, dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga 600.000 ton dan lebih. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: hanandexspecialist@gmail.com Atau aplikasinya +2348166843941 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda menikmati berbisnis dengan kami.

Email: hanandexspecialist@gmail.com

Salam

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site