Promo
Tahunan
×
Home » » Puluhan Tahun Terbengkalai, Jalan Elak Dituntaskan Tahun Ini

Puluhan Tahun Terbengkalai, Jalan Elak Dituntaskan Tahun Ini

Written By Redaksi on Monday, 11 January 2016 | 23:52:00

KHBARPOPULER.COM - BANDA ACEH - Pembangunan jalan nasional baru atau disebut jalan elak dari kawasan Buket Rata, Lhokseumawe ke Krueng Mane, Aceh Utara, akan dituntaskan dalam tahun ini. Pemerintah Pusat mengalokasikan dana mencapai Rp 63 miliar, untuk menyelesaikan proyek pembangunan jalan sepanjang 32 kilometer (Km) itu.

“Dengan anggaran sebesar 63 miliar rupiah itu, diharapkan pada akhir 2016, ruas jalan tersebut sudah bisa difungsikan dan bisa dilintasi interkuler serta truk-truk berbadan lebar lainnya,” kata Kepala Dinas Bina Marga Aceh, Ir Rizal Aswandi, Senin (11/1).

Hal itu disampaikan Rizal Aswandi didampingi Kasatker Jalan Nasional Wilayah I, Ir Hilal serta sejumlah perencana dan pelaksana proyek jalan nasional lainnya, usai rapat pelaksanaan proyek-proyek Jalan Nasional 2016, di Dinas Bina Marga Aceh. (Lihat, proyek jalan nasional 2016)
Panjang ruas jalan itu, kata Hilal, sekitar 32 Km. Tapi yang belum diaspal sekitar 6,8 Km lagi. dan akan diaspal seluruhnya tahun ini. Sementara lebar ruas jalan itu 11 meter, termasuk masing-masing dua meter untuk bahu jalan di kedua sisi jalan tersebut.

Hilal menyebutkan, pengaspalan jalan itu akan dikerjakan PT Alhas. Penandatangan kotrak sudah dilakukan akhir Desember 2015. Ia berharap dalam bulan ini rekanan sudah memulai aktivitas di lapangan. Misalnya pemotretan lapangan dan pemasangan patok kayu di pinggir jalan dan bahu jalan.

Masa kerja pengaspalan dan pemeliharan ruas jalan tersebut, diberikan selama 12 bulan. “Waktu yang panjang itu diberikan bukan untuk melambat-lambatkan pekerjaan. Tapi agar pekerjaan bisa dilakukan dengan baik, sehingga kualitas proyeknya bagus serta sesuai dengan spesifikasi. Bukan asal kerja,” demikian Hilal.

Kadis Bina Marga Aceh, Rizal Aswandi menyebutkan, tujuan dan sasaran dari pembukaan jalan elak, sebagai jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang selama ini terjadi di lintas proyek vital, seperti PT Arun, PT PIM, dan PT KKA.

Ia menambahkan, meskipun saat ini sejumlah proyek vital itu sudah berhenti beroperasi seperti PT Arun dan PT KKA, tapi kemacetan lalu lintas masih sering terjadi di sepanjang lintasan itu, terutama di kawasan Krueng Geukueh hingga Batuphat.

Setelah ruas jalan elak dari Buket Rata ke Krueng Mane rampung dikerjakan, interkuler dan truk berbadan lebar lainnya yang melintas rute Lhokseumawe-Bireuen, bisa diarahkan ke ruas jalan itu. “Jalan baru itu nanti lebih nyaman bagi truk karena badan jalannya lebar, banyak jalan lurus, dan tidak sepadat jalan nasional yang ada saat ini,” kata Rizal. (Tribun)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site