Patung Soekarno-Hatta di Bandara Cengkareng Batal Dipindahkan Malam Ini

Jakarta - PT Angkasa Pura II berencana memindahkan patung Presiden dan Wakil Presiden RI pertama Soekarno-Hatta pukul 24.00 WIB malam ini. Namun pelaksanaan ditunda. Mengapa?

Menurut Dirut PT AP II Budi Karya, mengatakan penundaan pemindahan patung disebabkan karena masih menunggu alat bantu.

"Kita belum menemukan cara yang paling aman, setelah dilihat ketinggiannya belum ada alat bantunya," ungkap Budi saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (06/01/2016).

Patung yang selalu menyambut pengunjung di Bandara Soekarno-Hatta itu sebelumnya direncanakan akan dipindahkan dengan cara diangkat utuh menggunakan crane. Pondasi tempat berdirinya patung pun akan dibongkar.

Budi menyebut pemindahan patung akan dilakukan dalam satu atau dua hari ini. Pihaknya masih harus mempersiapkan segala sarana agar pemindahan patung dapat berjalan lancar.

"Jadinya (pemindahan patung) besok atau lusa. Tetap jadi dipindahkan, cuma ini (ditunda) karena masalah teknis aja. Kita harus siapkan betul, kita nggak mau ada kesalahan," jelasnya.

Patung Soekarno-Hatta nantinya akan ditempatkan ke lokasi baru yang strategis, yakni di bundaran dekat terminal 3. Pemindahan patung akan dihadiri oleh asisten pematung. Pihak AP II sendiri sudah meminta izin ke ahli waris dan disetujui.

Pemindahan patung dilakukan dengan alasan adanya pengembangan taxi air way. Sebagai ikon Bandara Cengkareng, patung Soekarno-Hatta harus dapat dilihat dari semua penjuru.

"Pemindahannya ke bekas batu prasasti peresmian bandara Soekarno-Hatta, alasan pemindahan karena lokasi tersebut akan dilewati oleh cross taxi way yaitu penghubung landasan utara ke selatan di sisi timur, dalam rangka meningkatkan kapasitas sehingga memerlukan lahan di mana patung itu berdiri," terang Direktur Operasional Angkasa Pura II, Djoko Muratmodjo, Rabu (06/01).
(elz/bal)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment