Promo
Tahunan
×
Home » , » Para Siswi Chicago Coba Berhijab untuk Ubah Stereotipe di Amerika

Para Siswi Chicago Coba Berhijab untuk Ubah Stereotipe di Amerika

Written By Redaksi on Thursday, 28 January 2016 | 17:15:00

Para Siswi Chicago Coba Berhijab untuk Ubah Stereotipe di Amerika
KHABARPOPULER.COM - Hijab masih menjadi kontroversi di beberapa negara. Bahkan beberapa sekolah melarang siswinya menggunakan jilbab karena pengaruh stereotipe tentang Islam yang beredar di masyarakat. Untuk mengubah anggapan buruk tentang masyarakat muslim khususnya wanita berhijab, salah satu komunitas hijabers di Chicago menggelar acara terkait penggunaan jilbab di sekolah.

Komunitas dengan nama Muslim Students Association (MSA) yang anggotanya siswi dari Vernon Hills High School, Chicago, Amerika, menggelar acara 'Walk a Mile in Her Hijab'. Acara ini digelar dengan tujuan mengubah stereotipe tentang Islam agar wanita berhijab lebih aman saat beraktivitas di luar rumah mengingat banyaknya kasus penyerangan Islamophobia terhadap hijabers.

Acara tersebut juga membuka kesempatan untuk para siswi non-muslim bisa mencoba mengenakan jilbab selama di sekolah. Dengan cara ini, mereka diharapkan bisa lebih mengenal baik tentang Islam yang ramah dan mencintai kedamaian.

Enam anggota dari MSA meminjamkan semua jilbab mereka kepada 17 siswi beragama lain yang ingin mencobanya. Tak hanya itu, ada pula talkshow yang membahas seputar Islam dan hijab. Talkshow dihadiri oleh para guru serta siswi Vernon Hills High School baik yang muslim maupun beragama lain.

Ketua dari MSA, Yasmeen Abdallah berharap acara ini benar-benar bisa memberikan pengaruh baik terhadap masyarakat muslim. "Anda tidak bisa benar-benar memahami atau menilai seseorang dan keyakinan mereka sampai Anda mengerti mengapa mereka melakukannya? Semoga acara ini bisa mengubah stereotipe negatif (tentang Islam)," papar Yasmeen.

Untuk mengapresiasi acara positif yang dilakukan oleh muridnya, kepala sekolah menyerukan kepada semua siswanya merangkul komunitas muslim di sekolah. "Saya pikir ini adalah kesempatan bagi anak-anak kita untuk merangkul komunitas muslim di sekolah. Aku sejujurnya bangga melihat siswi muslim yang berjalan di sekolah mengenakan hijab sehingga mereka terlihat lebih menonjol dari siswi lainnya," ujar kepala sekolah yang tidak disebutkan namanya itu.

Acara 'Walk a Mile in Her Hijab' rupanya juga menerima anggapan positif dari orang-orang sekitarnya terutama para siswi non-muslim dan guru-guru. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu siswi junior bernama Charli Mosley.

"Saya tertarik belajar agama ini dengan pertimbangan bahwa paman saya muslim. Dengan lebih banyak orang mengenakan jilbab ke sekolah itu bisa membuat Islam lebih diterima dan membuat banyak orang sadar kalau kita hidup dalam perbedaan," pungkas Charli. (detik)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site