Promo
Tahunan
×
Home » , » Meski Diprotesa, Sutiyoso: Amnesti Din Minimi Tetap Diproses

Meski Diprotesa, Sutiyoso: Amnesti Din Minimi Tetap Diproses

Written By Redaksi on Thursday, 28 January 2016 | 00:45:00

471330_620
KHABARPOPULER.COM | BANDA ACEH –  Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso menilai protes dan ancaman yang disampaikan Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab) Aceh tidak akan mempengaruhi proses amnesti terhadap Din Minimi, pimpinan kelompok bersenjata di Aceh. Menurut dia, protes tersebut hanya sikap dari beberapa orang atau kelompok saja.

“Jangan percaya itu, hanya oknum saja. Orang Aceh yang saya terima memberikan apresiasi karena diselesaikan dengan cara damai,” kata Sutiyoso di Kompleks Istana, Kamis, 28 Januari 2016.

Sutiyoso mengatakan jumlah mereka yang melancarkan ancaman sangat sedikit dan tidak memberikan pengaruh masif terhadap pemberian amnesti. Selain itu, kata dia, BIN sudah mengetahui penggerak penolakan amnesti dari Forkab Aceh tersebut. “Tidak akan mempengaruhi dan kami tahu siapa yang menggerakkan,” katanya.

Menurut dia, proses amnesti Din Minimi merupakan keputusan Presiden dan tidak perlu lagi diperdebatkan. Saat ini, kata Sutiyoso, surat amnesti sedang digarap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo. Setelah itu, Presiden akan bersurat ke Dewan Perwakilan Rakyat. “Nanti juga ada masukan dari kami,” kata Sutiyoso.
Din merupakan pimpinan kelompok bersenjata yang dicari kepolisian sejak setahun terakhir. Kelompok ini turun gunung dan menyerahkan senjata mereka kepada Sutiyoso beberapa waktu lalu dengan iming-iming mendapat amnesti dari Presiden.

Namun, rencana pemberian amnesti ini ditolak Forkab Aceh. Menurut mereka, pemberian amnesti harus cermat dan tidak melanggar norma hukum yang berlaku di Indonesia.Jika amnesti diberikan tanpa proses hukum, Forkab menganggap akan membuka peluang terjadinya konflik baru di Serambi Mekkah tersebut. (tmp)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site