Promo
Tahunan
×
Home » , » LUAR BIASA...Ternyata Kamus Arab Turki Jawi Aceh ini Ditulis Pengarang Kitab Lapan

LUAR BIASA...Ternyata Kamus Arab Turki Jawi Aceh ini Ditulis Pengarang Kitab Lapan

Written By Redaksi on Monday, 18 January 2016 | 00:00:00

Kitab Nuzhatul Ikhwan, kamus empat bahasa yang dikarang oleh Syech Abdullah Bin Ismail Al- Asyi, penulis Kitab Lapan. @Doc. Pedir Museum Manuscript
"Kitab Nuzhatul Ikhwan ini 48 halaman, dikarang oleh Syech Abdullah Bin Ismail Al- Asyi, penulis Kitab Lapan yang terkenal di dunia Melayu."

KHABARPOPULER.COM -  - Kitab Nuzhatul Ikhwan merupakan sebuah kamus empat Bahasa yang dikarang oleh Syech Abdullah Bin Ismail Al- Asyi, penulis Kitab Lapan yang terkenal di dunia Melayu.

Kitab Nuhzatul yang terdiri dari 48 halaman itu semacam kamus karena ada terjemahan isinya dari bahasa Arab ke Bahasa Turki ke Bahasa Melayu (Jawi) ke Bahasa Aceh.

Kolektor Manuskrip Aceh pendiri Pedir Museum Manuscript, Masykur Syafruddin, merupakan salah seorang penyimpan salinan naskah itu dalam bentuk digital.

“Salinan kitab ini sudah setahun dalam koleksi saya. Dihadiahkan oleh Kak Istiqamah, seorang dosen Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar Raniry, yang menetap di Lam Gapang, Ulee Kareng,” kata Masykur.

Masykur mengatakan, salinan yang ada padanya diminta kopi oleh Kak Istiqamah dari kawannya di Turki. Menurutnya, cetakan yang asli kitab tersebut milik orang Turki, disimpan di perpustakaan pribadinya dengan aman.



“Kitab yang salinannya saya simpan ini dicetak di Mesir pada tahun 1349 H atau 1928 Masehi, bukan lagi manuskrip. Manuskripnya belum diketahui berada di mana. Namun ini bukti penting sejarah peradaban Aceh,” kata mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam Semester 1 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar  Ar Raniry, Banda Aceh.

Masykur mengaku, selain dirinya, ada seorang lagi yang memiliki salinan digital kitab tersebut, yaitu Tgk Azmi Abubakar, mahasiswa Aceh yang kuliah di Al Azhar, Kairo.[PORTAL1]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site