Promo
Tahunan
×
Home » , » Jama'ah Ulama Thariqat Gelar Silaturrahim Nasional Bersama TNI, dan POLRI

Jama'ah Ulama Thariqat Gelar Silaturrahim Nasional Bersama TNI, dan POLRI

Written By Redaksi on Saturday, 16 January 2016 | 05:37:00


KHABRPOPULER.COM - Hari ini (16/1) Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) menyelenggarakan Silaturrahim Nasional Ulama Mursyid Thariqah, TNI, dan Polri di Gedung Djunaidi Buaran Pekalongan dengan tema “Urgensi Bela Negara Demi Menjaga Keutuhan NKRI”.

Acara dibuka pukul 9.00 WIB dengan pembacaan surat al Fatihah yang dipimpin oleh Habib Tohir bin Muhammad bin Yahya dari Cirebon.

Ada yang menarik dalam acara kali ini, yaitu anggota dari TNI bernama Heryawan yang menjadi Qari’ atau pembaca ayat suci Al Quran.

Setelah lantunan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan atas nama shahibul bayt yang disampaikan oleh KH. Ali Mas’adi, Wakil Rais ‘Aam JATMAN.

Dalam pidato sambutannya yang penuh semangat, Kyai sepuh asal Jawa Timur tersebut menyampaikan kewajiban untuk cinta tanah air, bela Negara, dan menjaga persatuan antara Ulama, TNI, dan POLRI.

“Ulama kompak bahwa cinta tanah air dan bela Negara itu wajib. Bapak-bapak tentara, di hadapan bapak-bapak ada Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nahdliyah yang selalu siap bersama TNI demi NKRI. Pertemuan ini untuk persatuan. Ulama, TNI, POLRI bersatu demi NKRI. Mudah-mudahan pihak yang ingin merongrong NKRI diberi hidayah atau dihancurkan oleh Allah”, papar Beliau.

Habib Luthfi dalam Khuthbah Iftitah menambahkan, “Mengapa tiap tahun JATMAN mengadakan pertemuan Ulama, TNI, POLRI? Untuk memperkuat pertahanan NKRI. Bila 3 komponen ini bersatu, maka kekuatannya melebihi nuklir. Semestinya kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Indonesia bangsa yang besar tapi mulai melentur kebanggaan terhadap Indonesia. Harus dibangkitkan bangga dan cinta tanah air pada generasi penerus bangsa. Tirulah air laut yang punya jati diri. Sebagai Bangsa Indonesia kita harus punya jati diri. dalam merah putih inilah ada jati diri, harga diri, dan kehormatan bangsa”.

Sedangkan Jend. (Purn.) Ryamizard Ryacudu (Menteri Pertahanan RI) selaku narasumber yang memaparkan wawasan kebangsaan di hadapan tamu undangan menjelaskan tentang pentingnya mengaplikasikan wujud cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari dengan selalu menjaga persatuan Bangsa dan ikut membangun bangsa sebagai wujud syukur kepada Allah.

“Sejak abad 17 sudah banyak ulama yg berjuang untuk Indonesia. Para ulama mengajarkan bukan hanya ilmu spiritual tp juga wawasan kebangsaan. Sehingga para santri punya andil yang besar dalam kemerdekaan Indonesia. Nilai-nilai bela Negara adala cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan mempunyai kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik. Bela Negara adalah wujud terima kasih warga Negara kepada Negara yang telah memberikan rasa aman warganya. UUD 1945 ini penting dan sebagai rem. Kalau diubah maka bisa mengganggu dan merongrong Negara ini. Bela Negara adalah hak dan kewajiban setiap warga Negara. Bela Negara dijiwai oleh kecintaan terhadap NKRI. Kita harus bersyukur pada Allah dengan cara syukur pada tanah air dalam wujud bela Negara”, jelas Menteri Pertahanan.

Dalam kesempatan ini, KH. Hasyim Muzadi selaku sesepuh Nahdlatul ‘Ulama juga menjelaskan tentang peran Nahdlatul ‘Ulama dan pentingnya ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah ala NU dalam menjaga persatuan Bangsa.

“Islam Ahlussunnah wal Jama’ah datang di Indonesia jauh sebelum penjajahan. Ulama Ahlussunnah wal Jama’ah juga ikut andil dalam mengusir penjajah dan merumuskan Negara Indonesia. Maka pantas saja jika sekarang Ulama menjaga Negara Indonesia”, demikian tutur KH. Hasyim Muzadi.

Silaturrahim Nasional yang ditutup dengan doa oleh KH. Saifuddin Amsir ini merupakan silaturrahim nasional ketiga yang dilaksanakan oleh JATMAN dan menjadi bagian rangkaian Maulid Akbar Kanzus Sholawat. [habiblutfi.net]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site