Promo
Tahunan
×
Home » , » Jaksa Minta Kader Periksa Cek Mad

Jaksa Minta Kader Periksa Cek Mad

Written By Redaksi on Thursday, 14 January 2016 | 08:16:00

Jaksa Keder Periksa Cek Mad

BKHABRPOPULER.COM - Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banda Aceh memvonis Ilyas A Hamid alias Ilyas Pase, bekas Bupati Aceh Utara, bersalah. Hakim juga menyebut keterlibatan sejumlah nama, satu di antaranya adalah Muhammad Thaib alias Cek Mad, Bupati Aceh Utara saat ini, dari Partai Aceh.

Dalam sejumlah sidang sebelum vonis dijatuhkan, nama Cek Mad memang kerap disebut. Saat itu, dia menjabat sebagai penasehat Ilyas A Hamid. Pengadilan juga beberapa kali meminta kejaksaan memanggil orang nomor satu di Aceh Utara itu ke pengadilan dan bersaksi untuk bekas atasan dan Melody Taher, bekas kepala biro keuangan.

Ironinya, menurut pantauan media di kejaksaan, lembaga itu tak berani memeriksa Cek Mad. Mereka takut berbenturan dengan banyak pihak berkepentingan terhadap Cek Mad. “Cek Mad akan diperiksa jika tak lagi menjabat bupati,” kata sumber tersebut, Kamis (14/1). "Setelah 2017." Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Kejaksaan Tinggi Aceh menjelang akhir tahun, pejabat di Kejati juga mengungkapkan hal sama.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum Banda Aceh Mustiqal Syahputra menilai sikap jaksa ini aneh. Lembaga hukum harusnya hanya tunduk pada aturan hukum, demi keadilan. “Jika dia (Cek Mad) tak mau datang, harus ada upaya paksa oleh jaksa. Pemeriksaan itu adalah bagian dari keputusan pengadilan. Dia harus diperiksa,” kata Mustiqal.

Jaksa, kata Mustiqal, harus mendorong penegakan hukum di semua lini. Siapa saja yang terlibat, kata dia, harus diperiksa. Apalagi jika izin pemeriksaan dari gubernur sudah turun. Jaksa harus berani mendorong proses penegakan hukum. “Jangan keder.” [AJNN]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site