Promo
Tahunan
×
Home » » Gusur Ratusan Makam Demi Jalan Tembus Pasteur-Pajajaran, Warga Berontak

Gusur Ratusan Makam Demi Jalan Tembus Pasteur-Pajajaran, Warga Berontak

Written By Redaksi on Friday, 8 January 2016 | 01:54:00

KHABARPOPULER.COM | Bandung - Proyek jalan tembus Jalan Pajajaran menuju Jalan Pasteur melewati Kompleks Pemakaman Kristen Pandu dimaksudkan untuk mengurai kemacetan. Jalan yang membentang sepanjang 509 meter itu hanya bisa diakses langsung dari arah Surapati menuju Pasteur.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen lebar jalan tersebut 12 meter. Untuk badan jalan sekitar 7 meter dan sisanya trotoar.

"Jalannya akan dibeton karena eksisting di sana berupa tanah. Jadi harus dilakukan pengerasan jalan," ujarnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (8/1/2016).

Dari kawasan Pasteur, Jalan tersebut hanya bisa diakses dari arah Surapati menuju Tol Pasteur, posisi Makam Pandu berada di sebelah kiri jalan. Pengendara mobil maupun motor dari arah Pasteur menuju Surapati, tidak bisa langsung belok, namun harus putar balik terlebih dahulu.

Sementara dari Jalan Pajajaran langsung masuk ke Jalan Pandu atau Jalan Baladewa melewati kantor Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung (Diskamtam).

Akses jalan dari Jalan Pandu menuju Pasteur sebetulnya sudah ada sejak lama. Hanya saja akses jalan itu hanya untuk kendaraan roda dua saja.

Dari gerbang makam di Jalan Pandu hingga pemakaman Belanda Ereveld Pandu jalannya cukup lebar, sekitar 4 meter. Namun dari Pemakaman Belanda Ereveld Pandu hingga Jalan Pasteur hanya selebar 1,5 meter. Jalan itulah yang akan diperlebar sehingga cukup untuk sekitar dua mobil.

Untuk pelebaran jalan itu, sekitar 700 makan akan dipindahkan ke TPU Cikadut. Namun hal ini mendapat penolakan warga dan ahli waris. {detikcom)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site