Promo
Tahunan
×
Home » » Akankah Ada Amnesti untuk Din Minimi? Ini Kata Jokowi

Akankah Ada Amnesti untuk Din Minimi? Ini Kata Jokowi

Written By Redaksi on Friday, 1 January 2016 | 21:21:00


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah akan memberikan amnesti untuk kelompok Din Dimini setelah melalui proses yang ditentukan.

"Nanti akan kami berikan, tetapi ada prosesnya," kata Presiden Jokowi ketika meninjau Pasar Lokal Keyabi di Kabupaten Nduga, Papua, Kamis (31/12/2015).
Presiden Jokowi menyebutkan, permintaan amnesti dari kelompok di Aceh itu sudah berjalan sejak lama.

"Memang sudah agak lama, kami bertemu, bicara, meyakinkan, kami ajak mereka untuk ikut berperan dalam pembangunan. Konsentrasi kami ada di situ. Masa, kita bertahun-tahun bertarung terus," kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA: DIN MINIMI: BAWA KESINI ORANG YANG PERNAH SAYA CULIK, DI HUTAN SAYA HANYA SEMBAHYANG DAN BERZIKIR

Ia menyebutkan, pembicaraan terkait pengajuan amnesti itu sudah berlansung beberapa kali sehingga kelompok tersebut bersedia menyerahkan diri.
Ketika ditanya apakah akan ada proses hukum atau langsung pemberian amnesti, Presiden mengatakan bahwa hal itu akan ditinjau lagi.
"Akan tetapi, keinginan kelompok itu sudah ada sejak lama," ujar Presiden.

Mengenai kemungkinan adanya kelompok lain yang meminta amnesti, Presiden mengatakan ada kalkulasinya.

"Semua akan kita proses dengan pendekatan lunak. Kalau sulit, akan ditindak tegas. Semua harus matang dulu, baru diputuskan," ujarnya.

Din Minimi sebelumnya menyerahkan diri saat dijemput Kepala BIN Sutiyoso. Din bersama sekitar 120 pengikutnya memutuskan turun gunung dan menyerahkan sejumlah senjata api setelah mereka bersepakat dengan Pemerintah Indonesia.

Pemberian amnesti disebutkan sebagai salah satu syarat yang diajukan kelompok bersenjata pimpinan Din Minimi hingga akhirnya mereka mau menggantung senjata. (Antara)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Website | Berita dan Ispiratif | Khabar Populer
Copyright © 2016. KHABAR POPULER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khabarpopuler.com
Shared by Jejak Agama | Proudly powered by Site